item
Items

Memahami Item Situasional di League of Legends

Moba seperti League of Legends tentu memiliki susunan item yang kompleks dalam penggunaan. Setiap item akan membangun champion untuk berperan lebih baik dalam game. Beberapa item memang general dan dipakai siapa saja (Contoh saja Potion), tapi tiap champion harus memikirkan kombinasi kemampuan dan efek item untuk mendapatkan optimasi stat yang baik.

Kombinasi item yang optimal ini disebut juga build. Item build untuk tiap champion akan berbeda tergantung peran, tipe champion, skill dan juga play style dari player. Untuk guide build ini, kamu bisa coba research di internet sebagai inspirasi.

boots of mobility league of legends

Beberapa item yang digunakan dalam build dibagi menjadi 2 tipe yaitu core dan situasional. Core adalah item yang harus ada untuk memaksimalkan kemampuan champion. Sedangkan situasional adalah item yang kamu gunakan tergantung situasi di dalam match.

Situational item bisa dibilang adalah hal yang paling sulit dipahami para player saat pertama kali belajar soal build champion. Beberapa player biasanya terjebak menganggap situasional item bebas dipilih tanpa memperhitungkan match-up ataupun kondisi tim.

Lucian

Jika kamu ingin belajar soal situasional item, kamu harus ketahui dulu peran – peran yang kamu ambil dan champion yang kamu gunakan. Contoh saja kamu menggunakan champion Lucian. Lucian adalah champion marksman dan merupakan ADC yang cukup baik.

Untuk memaksimalkan efek skill dari champion ini, kamu tentu perlu item core yang berhubungan dengan damage. Tapi untuk item situasional bagi Lucian, kamu harus berfikir lebih baik dari itu. Hal yang pertama yang harus dilihat adalah siapa saja champion yang kamu hadapi. Untuk item situasional yang kamu beli dalam hal ini bisa berupa item offensive ataupun defensive.

Contoh item offensive yang bisa kamu berikan contohnya armor penetration. Jika di tim musuh banyak champion dengan armor tinggi, kamu perlu item jenis ini untuk tetap memiliki damage tinggi. Untuk item situasional defensive, kamu bisa beli item magic resistance jika merasa burst damage dari champion mage terlalu berbahaya bagi kamu.

Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah lebih mengerti tentang item situasional? Mudah – mudahan bahasan ini membuat kamu lebih kritis memikirkan build item dalam match dalam game League of Legends.

Leave a Reply