Maps

Skin Untuk Map Summoner’s Rift?

Penampilan maps di game League of Legends tentu cukup menarik, tapi bagi banyak player yang sudah sering bermain, penampilan ini bisa mengundang efek bosan. Karena hal ini, banyak orang berusaha membuat fan made skin untuk Summoner’s Rift. Pilihan hal ini diambil karena para player merasa bosan dan tidak puas pada pihak Riot yang hanya mengubah penampilan Summoner’s Rift sesekali saja.

Para player ingin kemampuan mengubah penampilan Summoner’s Rift sesuai keinginannya dengan lebih bebas. Sayangnya penggunaan fan made skin untuk Summoner’s Rift ditentang pihak Riot dan bisa membuat player tersebut terkena ban.

Hal ini tentu menimbulkan pro dan kontra dari pihak player. Di satu sisi para player ingin tampilan maps menjadi berbeda. Aplikasi skins ini tidak akan memberikan efek apapun pada gameplay dan hanya penampilan saja. Namun di pihak lain, aplikasi skins dari pihak ketiga tentu tidak aman. Jika skin tidak dikelola baik, aplikasinya bisa bertabrakan dengan update yang dilakukan pihak Riot.

Kedua belah pihak tentu benar. Skin untuk maps memang tidak memberi keuntungan apapun, tapi memiliki bahaya jika implementasinya tidak dikontrol oleh Riot secara langsung. Solusi untuk masalah ini sebenarnya cukup simple. Riot hanya butuh mengeluarkan maps skin official yang bisa digunakan kapan saja dan diganti oleh player.

Sayangnya opsi pilihan ini tidak begitu diterima baik. Riot masih mementingkan lore dari League of Legends dan mereka merasa mengubah tampilan Summoner’s Rift hanya akan mengganggu visi lore tersebut.

Riot memandang skin champion dan maps dengan bobot yang berbeda. Skin champion bisa bermacam – macam, mulai dari idol, anime, halloween dan masih banyak lagi. Tapi untuk skin, Riot sepertinya takut jika mengubah terlalu banyak, image game akan berganti juga.

Pandangan ini tentu diterima beberapa player dengan curiga. Banyak konspirasi teori yang muncul mengatakan bahwa skin Summoner’s Rift tidak dibebaskan karena Riot malas mengaturnya. Setiap perubahan pada detail maps saat update atau patch tentu perlu penyesuaian sendiri pada skin Summoner’s Rift. Jika League of Legends memiliki banyak skin Summoner’s Rift, pekerjaan pihak Riot akan bertambah banyak.

Walaupun dengan pro kontra di atas, bagaimana pendapatmu sendiri tentang hal ini?

Leave a Reply