Jungler
Maps

Tugas dan Peran Jungler di Maps League of Legends

Setiap role dalam League of Legends tentu memiliki bobot yang sama beratnya untuk menghasilkan kemenangan. Tugas ini tentu tidak bisa dianggap remeh dan terkadang sulit dimaksimalkan dengan baik. Salah satu role yang cukup tricky adalah peran jungle. Bagi kamu yang belum pernah memegang peran ini, jungling adalah role untuk champion yang roaming di area camp – camp neutral demi mendapatkan extra uang dan experience.

Tapi sebetulnya tugas jungler di maps lebih dalam daripada itu. Pengaruh jungler dalam maps sebetulnya dibagi menjadi 3 yaitu, roam, resource optimization dan gank. Untuk lebih jelasnya mari melihat bersama tugas ini satu per satu.

Roam

roam

Tugas jungler yang satu ini adalah bergerak untuk memastikan area jungle bebas dari champion musuh. Selama jungler membunuh neutral dan berpatroli, mereka terkadang akan mendeteksi pergerakan champion lawan jika mereka melakukan rotasi atau membuat persiapan gang.

Adanya jungler menyebabkan set up ambush lebih sulit dilakukan oleh musuh. Hal lain yang membuat roam ini penting adalah melindungi spot Dragon, Rift Herald dan Baron Nashor. Jika tim lawan berusaha mengambil spot ini, jungler bisa mengetahuinya lebih awal dan bahkan mencuri kesempatan untuk merebut kill.

Resource Optimization

Resource Optimization

Pada setiap lane, uang yang dihasilkan dari minion adalah sekitar 333 gold per wave. Jumlah ini tentu sangat kecil untuk dibagi 5 champion. Untuk memberi pemasukan lebih banyak, jungler mengambil resource di area jungle tanpa mengurangi jumlah gold yang ada di lane. Hal ini membuat pemasukan dari lane hanya dibagi 4 champion saja dan bukan 5.

Selain untuk memaksimalkan resource tim, jungler juga bisa menghadang perkembangan jungler musuh. Saat situasi aman, jungler bisa masuk ke zona jungle lawan dan merebut camp – camp yang tidak dibersihkan. Hal ini akan membuat perkembangan jungler lawan lebih lambat dan meningkatkan kecepatan farm champion kamu.

Gank

Gank

Sebagai jungler kamu harus mengawasi situasi di lane dan datang untuk melakukan kill. Ambush yang kamu lakukan dari area jungle dan juga bantuan dari tim di lane akan membuat serangan yang efektif. Pertempuran di lane dengan banyak champion ini disebut gank.

Biasanya proses gank ini dimulai saat champion jungler melakukan serangan tiba – tiba pada target. Target yang sedang menghadapi champion lain di lane biasanya berada pada posisi terdesak karena dikeroyok. Jika target mati, tugas ganking jungler-pun berhasil.

Bagaimana? Apakah sudah jelas sekarang tugas jungler di maps? Mudah – mudahan info ini membantu kamu untuk mengembangkan permainan League of Legends kamu. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply