HiTekno
PUBG Mobile

5 Fitur PUBG Mobile Diadaptasi dari COD Mobile

PUBG Mobile merupakan salah satu permainan bergenre battle royale yang telah mendominasi segmen mobile. Namun, setelah bertahan cukup lama dan tak terbantahkan, Call of Duty Mobile lalu muncul sebagai pesaing kuat. Bagian yang menarik dari persaingan ini adalah keduanya sama-sama dikembangkan oleh Tencent.

Laporan sebelumnya mencatat bahwa para pemain mengunduh Call of Duty Mobile sebanyak 148 juta kali di bulan pertama. Ini bahkan melebihi jumlah unduhan PUBGM dan Fortnite saat pertama dirilis. Pada saat itu Fortnite diunduh sebanyak 35 juta kali dan PUBGM 60,7 juta kali pada bulan pertama.

HiTekno
HiTekno

Sangat mungkin bahwa sebagian besar pemain Call of Duty Mobile adalah yang sudah pernah memainkan game itu sebelumnya. Permainan ini juga meraih pendapatan $52,9 juta pada bulan pertama. Sebaliknya, PUBG Mobile hanya menghasilkan $3,5 juta di bulan pertama, margin yang sangat jauh.

Bahkan, terlihat bahwa Tencent dan TiMi Studios sedang berusaha meningkatkan formula mode battle royale di CoDM. PUBG Corp, perusahaan di balik PUBGM pun sepertinya langsung memperhatikan feedback dari pengguna. Dalam beberapa pembaruan terakhir, mereka pun akhirnya memperkenalkan sejumlah fitur baru.

HiTekno
HiTekno

Akan tetapi beberapa fitur baru mereka tampaknya sangat terinspirasi dari Call of Duty Mobile. Pada update versi 0.16.0 misalnya, ada dua fitur yang diadaptasi oleh PUBG Corp dari Call of Duty. Namun secara keseluruhan setidaknya ada lima fitur PUBGM yang sepertinya sengaja diambil dari CODM.

Fitur pertama adalah melakukan heal band-aids sambil bergerak. Ini merupakan salah satu “fitur” terpenting yang telah diambil PUBG dari Call of Duty Mobile. Sebelumnya, pemain PUBG dan PUBGM harus berhenti untuk menyembuhkan diri mereka sendiri. Setiap gerakan akan menghentikan proses penyembuhan.

HiTekno
HiTekno

Lalu Call of Duty Mobile datang dengan fitur ini sejak hari pertama dan menjadikan game ini berbeda. Pemain bisa menyembuhkan diri sambil berlari diri dari musuh untuk bertahan hidup. PUBG Corp lalu memperkenalkan fitur tersebut dalam pembaruan 0.16.0 terbaru.

PUBG Corp juga diharapkan untuk menambahkan fitur pengait dalam game. Fitur ini memudahkan pemain untuk memanjat atap bangunan atau medan sulit lainnya. Pemain hanya perlu menembakkan pengait ke titik tertinggi dan kait akan menarik pemain ke atas. Fitur ini telah tersedia dalam mode battle royale di Call of Duty Mobile.

Pembaruan drone PUBG juga sangat menarik perhatian baru-baru ini. Setelah muncul di PUBGM versi Tiongkok, diharapkan drone segera hadir di permainan. Mirip dengan pengait, ini adalah keahlian khusus dalam mode battle royale. Namun, Call of Duty Mobile memiliki dua jenis drone yaitu Hunter Killer Drone dan drone biasa.

Hunter Killer Drone tersedia pada mode multiplayer, sedangkan drone biasa digunakan pada mode battle royale. Drone akan mengikuti pemain sambil melacak musuh yang ada di sekitar. Saat musuh terdeteksi, alarm drone pun berbunyi.

Lalu item keempat adalah tameng yang kabarnya segera hadir di PUBG. Mirip dengan drone dan pengait, Shield juga merupakan keahlian tambahan. Perlu dicatat bahwa para pemain harus memilih satu keahlian spesial sebelum memulai permainan. Shield akan menembakkan granat flash ke musuh di sekitarnya sambil membuat pelindung.

Terakhir, tetapi mungkin bukan yang terakhir, terdapat tombol khusus untuk mode pemain tunggal dan tim. Ini adalah tambahan yang tidak terlalu signifikan karena bentuknya adalah tombol UI.

Call of Duty Mobile adalah yang pertama menambahkan tombol khusus untuk beralih antara mode solo atau tim di battle royale. PUBG pun terinspirasi menambahkan tombol serupa untuk beralih mode dalam pembaruan 0.16.0 beberapa waktu lalu.

Kemungkinan masih akan ada beberapa fitur PUBG Mobile lagi yang mengadopsi dari CoDM. Apalagi mengingat keduanya dinaungi oleh pengembang yang sama.

Leave a Reply