HiTekno
PUBG Mobile

Benarkah PUBG Mobile Lebih Seru dari CODM?

PUBG Mobile menjadi sebuah fenomena dalam dunia mobile gaming selama dua tahun terakhir. Sampai akhirnya, Tencent juga mempublikasikan Call of Duty: Mobile, yang mana membuat persaingan semakin memanas. Lantas, benarkah PUBGM lebih seru daripada pesaingnya yang baru seumur jagung?

Dilansir dari harapanrakyat, secara sekilas, kedua game memang terlihat mirip, baik dari segi gameplay maupun mode permainannya. Tetapi ada beberapa perbedaan mendasar yang mungkin tidak disadari oleh para pemainnya. Dari sini, Sobat Gamer dapat menyimpulkan mana yang lebih seru atau lebih cocok dimainkan.

Berikut ini tiga hal yang membedakan game PUBG Mobile dan Call of Duty: Mobile.

Mode Permainan yang Diunggulkan

HiTekno
HiTekno

Sobat Gamer pasti tahu bahwa PUBGM merupakan salah satu pelopor dari mode permainan battle royale. Bahkan sebelum menjadi game mobile, PUBG sudah sangat populer di kalangan gamer. Mode klasik inilah yang diunggulkan dan paling sering dimainkan, walaupun belakangan banyak penambahan mode baru.

Konsep permainan dari battle royale adalah seluruh pemain yang ada di server diterjunkan ke sebuah tempat. Seiring dengan waktu berjalan, tempat tersebut akan dibatasi oleh zona yang makin sempit. Semua teman, kecuali saat bermain tim, adalah musuh dan Sobat Gamer harus menjadi orang/tim terakhir yang bertahan hidup.

Jadi jika ingin memainkan game battle royale, PUBGM adalah pilihan terbaik. Sebab pengembang sangat fokus meningkatkan pengalaman bermain pada mode tersebut. Sementara di Call of Duty, mode battle royale bukanlah yang diunggulkan.

Memang CoDM memiliki lebih banyak pilihan mode permainan, tetapi ciri khas permainan ini adalah team deathmatch. Belakangan juga ada tambahan mode zombie yang memperbanyak opsi bermain.

Khususnya pada mode team deathmatch, pemain akan dibagi menjadi dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang. Setiap tim harus adu cepat meraih poin tertinggi untuk memenangkan pertandingan. PUBGM sendiri juga memiliki mode team deathmatch, tapi cenderung lebih menyukai mode klasik.

Perbedaan Mekanisme Permainan

HiTekno
HiTekno

Sudut pandang pemain yang ditonjolkan pada kedua game ini juga relatif berbeda. Terlepas dari mode battle royale yang memberikan pilihan TPP atau FPS, CoDM memang lebih menonjolkan FPS. Sementara pada PUBGM, sejak awal pemain sudah dibiasakan dengan sudut pandang TPP.

Keunggulan dari sudut pandang TPP adalah pemain dapat melihat area yang lebih luas di sekelilingnya. Tetapi, ini akan sedikit mengurangi efek dramatis yang dapat dilihat secara jelas.

Satu perbedaan lain yang mungkin membuat PUBGM lebih sulit adalah mode menembak secara manual. Opsi ini memang bisa dipilih pada CoDM, tetapi kebanyakan pemain memilih opsi menembak otomatis saat pembidik mengarah kepada lawan.

Kualitas Grafis

HiTekno
HiTekno

Dari segi desain, tidak dapat dimungkiri bahwa Call of Duty lebih memanjakan pemainnya. Khususnya untuk mode battle royale, bahkan belum ada game yang kualitas grafisnya mendekati CoDM.

Namun, sekali lagi ini hanyalah masalah selera. Lagi pula pada CoDM, pemain lebih menyukai karena game bisa menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat pemain. Kualitas grafis bisa diubah menjadi rendah tanpa menghilangkan grafis yang luar biasa.

Tiga perbandingan di atas bisa menjadi patokan bagi pemain PUBGM ataupun CoDM untuk menentukan mana yang lebih seru. Bisa disimpulkan bahwa Call of Duty memang memiliki kelebihan dari segi grafis. Tetapi, orisinalitas mode battle royale klasik tetap dimiliki oleh PUBGM.

Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi, kabarnya ada beberapa fitur Call of Duty yang diadopsi ke game PUBG Mobile. Sepertinya ini adalah strategi pengembang dan penerbit agar PUBGM tidak kehilangan pemainnya.

Leave a Reply