PUBG Mobile

Bermain PUBG Mobile 6 Jam Pemuda India Meninggal

Kabar tentang efek negatif PUBG Mobile kembali terdengar dari daratan India. Beberapa waktu lalu, pemuda asal India dikabarkan meninggal setelah bermain PUBG Mobile Nonstop selama 6 jam. Pemuda tersebut mempunyai inisial FQ yang tinggal di Madhya Pradesh, India. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, pemuda ini meninggal akibat serangan jantung yang dialaminya.

Kabar tak menyenangkan ini didapatkan dari media asal India, yaitu Hindustantime.com yang sudah dipublikasikan pada 31 Mei 2019 lalu. Dari apa yang tertulis dalam berita tersebut, FQ mulai bermain PUBG Mobile setelah waktu makan siang dan terus-terusan hingga kurang lebih 6 jam. Sebelum jatuh pingsan, dia sepertinya tertekan dan mulai menekan pemain lain. Penjelasan ini dikatakan sendiri oleh ayah korban.

Dokter yang menangani korban, dr. Ashok Jain, mengungkapkan bawa FQ sudah tak sadarkan diri ketika sampai di rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, satu hal yang menyebabkan kematian adalah karena serangan jantung. Hal ini tak hanya dikarenakan durasi bermain game yang sangat panjang selama 6 jam, tetapi juga karena semangat dan rasa senang yang berlebihan saat bermain. Perubahan emosi tinggi secara drastis sangat mungkin menyebabkan serangan jantung.

Kasus ini sekaligus menambah daftar efek negatif game PUBG Mobile yang ada di India. Pemerintah berkali-kali mengeluarkan larangan untuk memainkan game buatan Tencent ini. Akan tetapi, pelarangan tersebut akhirnya dicabut kembali mengingat berbagai pertimbangan.

Menjelang masa ujian sekolah beberapa waktu lalu, pemerintah melarang para remaja untuk memainkan game ini. Setelah masa ujian sekolah selesai, pemerintah mencabut kembali larangan tersebut. Lalu, Untuk jajaran kepolisian India, pemerintah India juga melarang personil kepolisian untuk menginstall game ini pada smartphone mereka.

Efek negatif kecanduan game memang bisa menjadi masalah yang besar. Tak hanya mengurangi performa sehari-hari, tetapi juga bisa sampai menyebabkan kematian. India menjadi salah satu negara yang sangat antipati dengan game buatan Tencent tersebut.

Upaya Tencent dalam Mengatasi Masalah Kecanduan Game

Sebagai pihak penerbit game, Tencent sebenarnya tak hanya tinggal diam. Beberapa waktu lalu, Tencent sudah merilis Game System Management. Fitur ini adalah alternatif yang ditawarkan pihak Tencent untuk mengatasi efek buruk dari kecanduan game PUBG Mobile. Game System Management ini disebut dengan Health Reminder. Bagaimana cara kerja fitur ini?

Game System Management ini bisa membatasi pemain dalam memainkan PUBG Mobile. Dalam satu hari, setiap pemain hanya bisa memainkan game ini maksimal 6 jam saja. Setelah jangka waktu tersebut, pemain tak bisa mengakses kembali game buatan Tencent ini dan harus menunggu hari berikutnya untuk bisa bermain.

Sayangnya, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengakses menu “Setting” lalu pilih menu “Other”. Pada keterangan yang bertuliskan Age 18 or Above, Anda bisa menekan Yes.

Meski fitur baru ini sangat efektif untuk mencegah efek negatif dari kecanduan game, pemain masih harus mengaktifkan Health Reminder terlebih dahulu. Karena sistem pengaktifannya yang masih manual dan terserah pemain, sangat mungkin efek buruk kecanduan game ini terus terjadi.

Dalam hal ini, kontrol diri sebenarnya ada pada masing-masing individu. Memainkan game memang bisa jadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan, efeknya pun akan sangat buruk. Kisah remaja asal India yang meninggal setelah 6 jam nonstop bermain PUBG Mobile bisa dijadikan pelajaran bersama.

 

Leave a Reply