Tencent
PUBG Mobile

Pamor Meredup Pemain PUBG Mobile Capai Jumlah Terendah

Setelah beberapa waktu lalu sudah tembus hingga lebih dari satu juta pemain, PUBG Mobile capai jumlah terendah. Hal ini tentu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Persaingan antar game battle royale mungkin bisa jadi penyebab utamanya. Alasan lainnya mungkin saja adalah karena para pemain sudah mencapai titik jenuh atas game yang satu ini.

Dunia esports memang bisa dibilang hampir mirip dengan trend musiman. Beberapa game bisa mencapai titik puncak pada masa tertentu. Akan tetapi, mereka juga bisa langsung turun apabila ditinggalkan oleh para pemainnya. Kesuksesan sebuah game tidak berlaku selamanya. Jika sebuah game mulai ditinggalkan oleh para pemainnya, bisa jadi game tersebut akan mati dan tak dipertandingkan lagi.

PUBG Mobile Star Challenge
PUBG Mobile Star Challenge

Titik puncak sebuah game memang sementara. Apalagi dalam game online, perkembangan game-game baru bisa mengikis popularitas game lama. Persaingan yang semakin ketat membuat para pengembang game harus selalu memutar otak agar pemain mereka tetap setia menggunakan game tersebut. Inilah yang saat ini sedang dialami oleh PUBG Mobile.

Game yang dikembangkan oleh Tencent ini saat ini sedang mengalami kemunduran. Seperti yang kita tahu bersama, versi PUBG yang mulai dirilis pada 2017 lalu ini sekarang ini sedang mengalami masa-masa kurang baik. Pada saat awal rilis, PUBG mampu mencapai titik puncak yang mana jumlah pemain mereka menyentuh 3 juta pemain, bahkan nyaris menyentuh angka 4 juta pemain aktif per hari. Akan tetapi, saat ini mereka justru kewalahan untuk mencapai angka 1 juta pemain per hari.

youtube
youtube

Dilansir dari laman Dot Esports, kini PUBG hanya mempunyai 500.000 pemain aktif. Angka yang lebih sedikit ini tentu sangat disayangkan. Padahal, beberapa bulan lalu, pemain game battle royale ini masih konsisten di angka 1 juta pemain. Apa yang menyebabkan penurunan yang sangat drastis ini?

Selain persaingan game yang semakin ketat, faktor internal juga bisa menjadi alasan mengapa pemain sebuah game makin menurun. Beberapa alasan di antaranya adalah update game yang kurang menarik atau kurangnya interaksi antara para pengembang dengan pemain. Bagaimanapun, pemain adalah orang yang menggunakan game tersebut. Apabila pengembang tak mampu memahami kebutuhan para pemain, para pemain ini pun tak akan sungkan-sungkan untuk berpaling ke game lain.

Apakah penurunan ini berarti PUBG akan segera menyandang gelar dedgim? Jawabannya tentu saja tidak. Meski turun, jumlah pemain PUBG masih terbilang sangat banyak dibandingkan game yang lain. Game lain masih kesulitan menyentuh angka 500.000 pemain aktif per hari. Jadi, Anda tak perlu khawatir bahwa PUBG akan gulung tikar, ya!

youtube
youtube

Ditambah lagi, PUBG Mobile baru saja meluncurkan update patch terbaru mereka. Pada patch 0.15.0 ini, ada beberapa pembaruan yang pastinya akan membuat para pemain menjadi tertantang. Ada banyak update terbaru yang cukup menarik. Tak hanya itu, update patch dan season baru September ini pun menghadirkan mode baru yang pastinya akan sangat diminati para pemain. Sudah coba update terbaru PUBG Mobile?

Sebagai pengembang PUBG Mobile, Tencent tidak akan menyerah begitu saja. Sempat dicekal di negaranya sendiri, Tencent berhasil merilis Game for Peace yang juga sangat sukses di Tiongkok. Penurunan jumlah pemain ini hanya cobaan sementara bagi Tencent dan para pengembang PUBG lainnya. Ke depan, mereka pasti akan bekerja keras untuk mengembalikan pamor PUBG yang menurun.

Leave a Reply