PUBG Mobile

PUBG Corp Tunjukkan Cara Menangkap Cheater

Game battle royale PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) sudah dirilis sejak tahun 2017 lalu. Sama seperti game-game pada umumnya, PUBG dihadapkan pada masalah cheater yang tidak ada habisnya. Sejak dirilis hingga sekarang, PUBG Corp pun harus melakukan berbagai cara untuk membasmi cheat sampai ke “akar-akarnya”. Seperti apa langkah PUBG Corp dalam membasmi para cheater dalam game mereka?

Salah satu cara paling efektif untuk menekan penggunaan cheat adalah dengan bekerja sama bersama aparat keamanan. Para cheater yang tertangkap akan memperoleh hukuman yang berat. Cara ini sudah cukup efektif untuk menurunkan angka penggunaan cheat dalam game PUBG ini. Akan tetapi, untuk bisa mendapat tahap tersebut, PUBG Corp harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu. Baru-baru ini, PUBG Corp menunjukkan langkah-langkah efektif mereka dalam menekan penggunaan cheat untuk menciptakan rasa nyaman dan sportif bagi seluruh pemain.

Melalui video dengan durasi 4 menit yang diunggah dalam kanal youtube PUBG, PUBG Corp menjelaskan dengan detail bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh tim anti chat mereka. Sistem secara otomatis akan menanggapi setiap laporan cheat yang masuk. Tak hanya itu, tim anti cheat juga membuat program canggih yang bisa mendeteksi keberadaan cheat tersebut.

Sesuai dengan video tersebut, anti cheat dalam PUBG sangat bergantung pada laporan pemain dan juga program internal yang bisa mengidentifikasi cheat. Setelah mendapatkan laporan dari peman berkaitan dengan sebuah cheat, tim akan langsung memanggil aplikasi third party atau alat yang dipakai untuk memfasilitasi cheat tersebut. Engineer kemudian melakukan sebuah percobaan untuk mengetahui bagaimana cara kerja tim tersebut sambil tim lainnya menyiapkan sanksi kepada pemain yang sudah tertangkap basah menggunakan cheat.

Itu adalah cara manual yang dilakukan oleh PUBG Corp dalam memusnahkan cheat dalam game mereka. Selain menggunakan analisis secara manual, mereka juga mengembangkan sistem otomatis yang bisa mendeteksi cheat lebih cepat.

Tim anti cheat unit juga mempunyai tim yang mengembangkan sebuah teknik machine learning. Teknik ini berusaha mengembangkan algoritma yang bisa mendeteksi adanya cheat. Nantinya, akan ada sistem AI yang bekerja dengan data-data yang dikumpulkan dari masing-masing match. Pemain yang menggunakan cheat akan terdeteksi melalui sistem AI yang saat ini sedang dikembangkan.

Di sisi lain, para pembuat cheat pasti akan terus berusaha untuk mengembangkan program yang bisa terhindar dari deteksi anti cheat. Mengantisipasi hal ini, para engineer dalam unit anti cheat juga sedang mengembangkan program yang lebih lengkap dan rumit agar software ilegal tidak bisa lagi masuk ke dalam game.

Untuk kita yang merupakan pemain aktif, adanya cheat dalam PUBG tentu sangat merugikan pertandingan. Mereka bisa memenangkan game dengan sangat mudah. Permainan pun menjadi tidak sportif lagi.

Selama ini, Anda pasti sudah sangat sering menemukan para pemain yang menggunakan cheater. Tak perlu khawatir, sekarang ini PUBG Corp sedang berusaha untuk membuat sistem yang lebih canggih untuk membasmi para cheater. Tak hanya itu, mereka juga berjanji akan memberikan hukuman yang adil bagi siapa pun yang tertangkap tangan menggunakan cheat atau bahkan membuat software cheat. Anda tinggal menunggu waktu saja sampai program siap.

Demikian adalah penjelasan lengkap tentang cara PUBG Corp dalam menangani para cheater di game mereka. Kecurangan memang wajar sekali terjadi dalam dunia esports. Akan tetapi, akan lebih menyenangkan jika kita bisa menjaga sportivitas dalam bermain PUBG.

 

Leave a Reply