PUBG Mobile

PUBG Mobile Berhasil Tembus 400 Juta Download

Persaingan game mobile versi battle royale sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Sebagai salah satu game yang banyak dimainkan di seluruh dunia, PUBG Mobile tentu selalu menjadi sorotan untuk masyarakat di berbagai daerah. Game yang awalnya hanya ada pada platform PC ini sekarang telah mencapai kesuksesan yang luar biasa. Setelah kemarin tembus pada rekor 100 juta pemain per bulan, kali ini PUBG Mobile kembali membuat rekor yang luar biasa. Apa rekor yang berhasil diraih oleh PUBG Mobile?

Melalui laporan terbaru yang dirilis The Esports Observer, game PUBG Mobile ini disinyalir sudah tembus hingga 400 juta kali download pada platform Android dan juga iOS. Dengan angka total tersebut, diperoleh juga fakta bahwa ada sekitar 50 juta pengguna harian yang memainkan game battle royale ini. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Dengan banyaknya pengguna, tentu saja keuntungan Tencent bisa berlipat-lipat jumlahnya.

Lagi-lagi, yang menarik adalah jumlah tersebut tidak termasuk dengan pengguna PUBM Mobile yang ada di Tiongkok. Seperti yang kita tahu bersama, PUBG Mobile tidak dimainkan di negara asalnya sendiri karena terkendala proses perizinan. PUBG Mobile sudah secara resmi dicabut dari China karena mengandung banyak unsur game yang tak diperbolehkan beredar oleh pemerintah setempat. Sebagai gantinya, Tencent membuat semacam kloningan PUBG Mobile yang disebut dengan Game for Peace. Game battle royale kloningan PUBG Mobile ini disusun lebih patriotik dengan mengurangi efek-efek darah dan juga menghadirkan beberapa karakter yang mencerminkan budaya lokal.

Sebelum dilarang beredar, PUBG Mobile mempunyai pengguna aktif yang sangat banyak hanya di Tiongkok saja. Menurut laporan dari sebuah bank investasi yang bernama China Renaissance pada situs Reuteurs, Game PUBG Mobile kira-kira sudah pernah mencapai 70 juta user per hari hanya di kawasan Tiongkok saja. Akan tetapi, karena pemerintah merasa game ini lebih memberikan efek buruk pada masyarakatnya, PUBG Mobile pun akhirnya dilarang beredar.

Kali ini, Tencent dan PUBG Mobile berhasil menorehkan rekornya kembali dengan mencapai 50 juta users harian dan jumlah unduhan hingga 400 juta kali. Kira-kira, apa yang menyebabkan game ini begitu populer?

Tencent berhasil menarik perhatian masyarakat untuk bermain game ini dengan melakukan berbagai cara. Dari sisi game-nya sendiri, PUBG Mobile menawarkan berbagai kelebihan dalam bermain. Game ini punya grafis yang menarik, gameplay yang menantang, juga karakter-karakter yang tak kalah seru. Dari sisi ekosistem esports, game ini punya banyak sekali kompetisi yang mampu menjaga ekosistem PUBG Mobile tetap terjaga. Ada PMCO 2019 yang sebentar lagi masuk babak Champion Stage dengan menghadirkan hadiah hingga USD 2,5 juta.

Tak hanya itu, tahun ini juga masuk sponsor baru, yaitu VIVO yang merupakan merk smartphone ternama. Lalu, ada beberapa turnamen regional yang juga hadir untuk meramaikan esports PUBG Mobile. Sementara itu, Tencent juga akan segera membuat turnamen untuk kloningan PUBG Mobile, yaitu Game for Peace.

Meski telah mencapai rekor yang luar biasa, Tencent tetap punya PR besar untuk mengembangkan game miliknya tersebut. Jika Anda melihat postingan instagram resmi dari PUBG Mobile, ada banyak sekali komentar yang mengeluhkan bahwa game ini mempunyai pemain hacker. Ini tentu cukup meresahkan karena pemain merasa kelelahan membunuh musuh yang ternyata adalah hacker atau cheater. Ke depan, semoga saja Tencent punya solusi untuk membasmi para hacker dan juga cheater.

 

Leave a Reply