PUBG Mobile

PUBG Mobile Diunduh 600 Juta tapi Kalah dari FF?

Akhir tahun ini permainan mobile paling terkenal, PUBG Mobile telah mencapai 600 juta unduhan di seluruh dunia. Mereka juga berhasil meraup pendapatan sebesar $1,5 miliar sejak pertama kali dirilis. Meski di tahun 2019 ini mereka bukan game dengan jumlah unduhan terbanyak, tetapi PUBGM tampaknya tetap sulit dikalahkan.

Mengutip dari hasil analisis Sensor Tower, PUBGM telah menghasilkan lebih dari $1,5 miliar sejak awal 2019. Adapun kredit utama mereka adalah untuk melakukan monetisasi game di wilayah Tiongkok.

Youtube

Dirilis pada 19 Maret tahun 2018, PUBG Mobile memang tidak populer di beberapa negara. Tetapi khususnya di India, permainan ini mendapatkan sangat banyak penggemar. Walaupun, PUBGM pernah mengalami saat-saat kemunduran dan kembali berjaya di sana.

PUBG menerima hiruk-pikuk anggapan negatif terhadap permainan online. Ditambah dengan kontroversi emulator yang kemudian menyeret sebagian besar pembuat konten dan streamer emulator. PUBGM juga dikaitkan dengan banyak kasus kriminal dan insiden kematian yang membuat game ini terkenal karena alasan yang buruk.

Youtube

Pemerintah bahkan sampai harus turun tangan dan melarang PUBGM dimainkan di beberapa negara bagian India. Beruntung, acara-acara esports yang digelar untuk permainan ini masih bisa menyelamatkan mereka dari kesulitan.

“Turnamen esports @PUBGMOBILE Fall Split Global Finals 2019 awal bulan ini menghasilkan 532 juta total penonton. Selain itu permainan ini juga telah melampaui 600 juta total unduhan,” tulis akun seorang penulis gaming, pshanley88 di Twitter.

Pertandingan kompetitif PUBGM memang menyuguhkan banyak acara menarik sepanjang tahun ini. Keterlibatan tertinggi tentu terlihat di wilayah India dengan melibatkan nama-nama tim PUBGM populer. Mulai dari Entity Gaming, Team Soul, Synerge, 8Bit dan yang semakin menyulut game mobile di negara tersebut.

Youtube
Youtube

Masuknya sebuah organisasi internasional yaitu Fnatic yang mengakuisisi tim PUBG India juga memunculkan antusiasme baru. Kesuksesan PUBG sebagai permainan ponsel populer mampu melengserkan permainan PC seperti Dota 2. Pembubaran tim Global Esports Dota 2 India sepertinya cukup mengkonfirmasi fakta itu.

Ini menandakan masa depan permainan PC di India dan mungkin beberapa wilayah Asia dalam bahaya besar. Di tahun-tahun mendatang, permainan PC secara keseluruhan mungkin berada di bawah tekanan yang sama kecuali jika ada keseimbangan.

Perusahaan riset pasar Newzoo telah melaporkan bahwa game mobile diperkirakan akan menghasilkan $68,5 miliar pada 2019. Jumlah ini mewakili hampir setengah dari total pasar game di seluruh dunia. PUBGM bisa dibilang berperan cukup penting dalam hal ini.

Mereka unggul untuk game mobile di perangkat kelas bawah. Ditambah dengan pembaruan terus-menerus dan jenis mode permainan yang beragam, serta berbagai event.

Bahwa mobile gaming menjadi semakin besar dan lebih baik dari sebelumnya adalah fakta. Sementara PC gaming hanya berusaha untuk bertahan dan mempertahankan posisi mereka. Angka besar seperti itu membuka pintu bagi lebih banyak investor dari raksasa esports internasional ke mobile gaming.

Di satu sisi, jika Anda berpikir PUBGM adalah game yang paling banyak diunduh pada tahun 2019, itu salah. Popularitas game berjenis battle royale memang mendorong cukup banyak unduhan untuk PUBGM tahun ini. Namun, sebuah laporan oleh App Annie menunjukkan fakta yang lain.

Permainan sejenis, Free Fire ternyata melampaui semua game dan menjadi game mobile paling banyak diunduh pada 2019. Jumlah itu berlaku untuk perangkat iOS dan Android. Sementara PUBG Mobile di peringkat kedua, sementara Call of Duty Mobile yang baru diluncurkan berada di tempat ke-10.

Leave a Reply