Hal yang Membedakan Pemain Pro dan Pemain Noob PUBG Mobile
PUBG Mobile

PUBG Mobile Jadi Game Paling Untung Sepanjang Tahun 2019

PUBG Mobile disebut-sebut sebagai game paling untung sepanjang tahun 2019. Hal tersebut sesuai dengan laporan dari analisis Sensor Tower. Dari data yang ada, firma analisis Sensor Tower menyebutkan bahwa PUBG Mobile menjadi salah satu game versi mobile asal Tiongkok yang paling menguntungkan di dunia selama tahun 2019. Benarkah demikian?

Dikutip dari South China Morning Post, penghasilan PUBG Mobile yang diperoleh dari Google Play Store dan App Store telah mencapai angka US$ 776 juta. Nilai tersebut secara otomatis makin memantapkan kedudukan Tencent Games sebagai perusahaan terbesar di bidang game versi mobile. Tencent Games melalui PUBG Mobile juga sukses menggeser posisi game Knives Out milik NetEase yang sebelumnya menjadi game paling menguntungkan tahun 2018. Kini, Knives Out menempati posisi kedua dengan penghasilan sebesar US$ 465 juta.

youtube
youtube

Lalu, di posisi ketiga, ada sebuah game strategi yang dirilis oleh Lilith Games. Game bernama Rise of Kingdoms berhasil meraih pendapatan yang tak terpaut jauh dengan Knives Out. Rise of Kingdoms pun berhasil menempati posisi ketiga sebagai game mobile dengan pendapatan paling tinggi.

Menurut sumber yang sama, penghasilan 30 game mobile teratas pada awal tahun 2020 ini juga mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. Jumlah peningkatannya pun lumayan tinggi, yakni 39 persen. Lalu, ada beberapa fakta menarik bahwa sebagian besar penghasilan tersebut diperoleh dari Amerika Serikat. Itu artinya para gamers di negeri tersebut menyumbang setidaknya satu pertiga dari pendapatan PUBG Mobile secara umum.

Youtube
Youtube

Padahal, jika kita melihat fenomena yang ada, di Amerika Serikat, game versi mobile sepertinya memiliki popularitas yang lebih rendah dibandingkan dengan game versi PC. Di sana, ranah kompetitif PUBG Mobile tak seramai cabang esports PC lainnya, seperti CS: GO dan juga DOTA 2. Meski begitu, dari data yang ada, kita menjumpai fakta bahwa Amerika Serikat ternyata menyumbangkan sedikitnya satu pertiga dari total pendapatan PUBG Mobile. Hal yang cukup bertolak belakang, tetapi benar-benar terjadi.

DIlansir dari cnnindonesia, dengan pendapatan tertinggi tersebut, PUBG Mobile sukses menjadi penyumbang pendapatan paling tinggi untuk Tencent Games. Seperti yang kita ketahui bersama, game buatan Tencent Games tidak hanya PUBG Mobile. Ada beberapa game lainnya yang juga dikembangkan oleh perusahaan game asal Tiongkok tersebut.

Youtube

Pada tahun lalu, Tencent Games bahkan sempat memperoleh keuntungan lebih dari US$ 1 miliar. Keuntungan tersebut diperoleh melalui dua game unggulan mereka, yakni PUBG Mobile dan juga Game For Peace. Game For Peace sendiri merupakan game PUBG Mobile versi Tiongkok yang dikembangkan berdasarkan peraturan di negeri tersebut. Sejak diluncurkan, Game for Peace langsung menjadi idola di negeri penciptanya. Keuntungan Tencent Games pun melambung jauh.

Hingga sekarang, Tencent Games masih terus mengembangkan PUBG Mobile dan Game for Peace. Kedua game itu bisa disebut sebagai tulang punggung dari Tencent Games. Untuk itu, mereka sebisa mungkin menjaga kualitas game battle royale tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, persaingan di kelas battle royale semakin ketat. Saat ini, ada banyak game baru bertema sama yang hadir dalam versi mobile. Jika Tencent Games tidak terus berinovasi mengembangkan PUBG Mobile, predikat sebagai game paling menguntungkan bisa saja digeser oleh game lainnya.

Demikian adalah informasi menarik hari ini. Terus ikuti kabar terbaru seputar esports hanya di sini, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply