HiTekno
PUBG Mobile

PUBG Mobile VS Call Of Duty, Mana yang Lebih Seru?

Ada saingan baru PUBG Mobile, yakni game dengan platform mobile terbaru yang sama-sama dikembangkan oleh Tencent Games. Game tersebut adalah Call of Duty Mobile. Dilansir dari Hitekno.com, baru satu hari dirilis, game ini sudah meraup keuntungan hingga Rp 28 miliar. Seperti apa keunikan game terbaru ini? Apakah benar pamor PUBG Mobile akan dikalahkan oleh game baru buatan Tencent ini? Yuk simak analisisnya.

Beberapa pekan terakhir, berita mengenai Call of Duty Mobile memang membanjiri timeline para gamers. Game ini resmi rilis pada Selasa, 1 Oktober 2019 lalu. Akan tetapi, sejak beberapa pekan terakhir, kabar mengenai bocoran Call of Duty terus mengalir pada pecinta game mobile.

Call of Duty Mobile akhirnya resmi masuk ke Indonesia dengan menggandeng beberapa perusahaan game terbaik. Tencent bekerja sama dengan Timi Studio untuk menggarap Call of Duty Mobile. Anda tentu sudah mengenal Timi Studio bukan? Perusahaan tersebut sebelumnya telah menggarap Age of Valor (AoV) yang juga cukup populer di Indonesia.

Sementara itu, Tencent Games sebelumnya sudah mempunyai PUBG Mobile yang cukup sukses di berbagai belahan dunia. Game ini dibuat dengan kolaborasi antara Krafton, Lightspeed & Quantum, dan juga PUBG Corporation. Apakah kedua game buatan Tencent ini punya gameplay yang sama? Mari kita bahas perbedaannya.

Mode Permainan

HiTekno
HiTekno

Dari segi mode permainan, seperti yang kita ketahui bersama, PUBG Mobile merupakan game dengan jenis battle royale. Dengan menggunakan mode ini, pemain akan diterjunkan pada sebuah arena untuk saling melumpuhkan dan membunuh. Seiring dengan semakin berjalannya waktu, area bermain pun akan semakin menyempit.

Sementara itu, Call of Duty Mobile menawarkan lebih banyak mode permainan. Pertama, Anda bisa mencoba mode multiplayer. Dalam mode ini, pemain dibagi menjadi dua tim untuk saling bertempur. Tim yang menghasilkan poin tertinggi akan menjadi pemenangnya. Kedua, ada juga mode battle royale. Akan tetapi, mode ini baru bisa diakses oleh para pemain yang sudah mencapai level 7. Masih ada beberapa mode permainan lain yang ada di dalam game yang tentu membuat gamers tertarik untuk bermain.

Sistem Mekanis di dalam Game

HiTekno
HiTekno

Call of Duty sebelumnya telah terkenal sebagai game FPS. Untuk versi mobile-nya, game ini juga menggunakan perspektif yang sama. Sementara itu, PUBG Mobile menggunakan sudut pandang orang ketiga atau (TPP). Dari sini, bisa dilihat bahwa Call of Duty Mobile bisa menampilkan sudut pandang yang lebih dramatis.

Lalu, soal mekanisme menembak, Call of Duty juga lebih sederhana yang membuat pemain bisa menembak musuh secara otomatis saat senjata mengarah kepada lawan. Ada juga model tembak manual yang juga bisa dipakai. Yang jelas, Call of Duty Mobile memang punya terobosan baru untuk membuat permainan menjadi lebih menarik.

Kualitas Grafis dan Kebutuhan Hardware

HiTekno
HiTekno

Bicara soal kualitas grafis, sampai sekarang PUBG Mobile memang belum bisa tertandingi. Grafis yang ditampilkan game ini lebih nyata dan bagus. Nah, sebagai saingan paling tangguh, Call of Duty Mobile juga hadir dengan grafis yang cukup bagus. Keduanya cukup mengagumkan dari sisi grafis.

Nah, untuk kebutuhan hardwarenya, PUBG Mobile masih mengharuskan pemain menggunakan RAM minimal 3 GB. Sementara itu, Call of Duty Mobile bisa dimainkan oleh Smartphone dengan RAM 2 GB.

Itulah alasan kenapa Call of Duty Mobile sekarang ini sedang banyak diminati oleh gamers di Indonesia. Meski sama-sama dibuat oleh Tencent Games, game versi mobile terbaru ini membawa gebrakan baru yang disebut-sebut dapat menggeser dominasi dari PUBG Mobile. Apakah Anda sepakat dengan pendapat ini?

Leave a Reply