google
PUBG Mobile

Rekap Daftar Negara yang Melarang PUBG Mobile

PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) sangat populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Game battle royale yang satu ini juga tersedia dalam beberapa versi, yakni versi PC, konsol, dan juga mobile. Sejak awal perilisan, game ini langsung digandrungi oleh para gamers di seluruh dunia. Tak jarang, orang-orang menyebut game ini sebagai game sejuta umat.

Dari beberapa versi game PUBG, PUBG Mobile adalah yang paling menyita perhatian publik. Di Indonesia, pengguna PUBG Mobile sendiri jumlahnya sangat banyak. Anak sekolahan, orang dewasa, pekerja kantoran, hingga orang tua pun ikut memainkan game yang satu ini.

Meski awalnya dijadikan sebagai media untuk menghibur diri, seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut justru berbalik. Para pemain justru kecanduan bermain game. Tidak sedikit dari mereka yang kecanduan ini berakhir dengan menerima hal-hal buruk. Lebih parahnya lagi, dampak buruk tak hanya diterima oleh si pemain game, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Pada akhirnya, game ini pun mengalami banned di beberapa negara.

google
google

Di Indonesia, pelarangan game PUBG Mobile sudah dilakukan di Aceh. Beberapa waktu lalu, MPU Aceh sudah mengeluarkan fatwa bahwa PUBG Mobile dan game sejenis lainnya adalah haram. Meski hanya berlaku di Aceh, keputusan ini sempat membuat banyak pemain PUBG Mobile merasa khawatir.

Tak hanya Aceh, di berbagai negara lain juga sudah mem-banned PUBG Mobile. Berikut adalah rekap negara yang memblokir PUBG Mobile lengkap dengan alasannya.

Tiongkok

Tencent
Tencent

Sebelum Game For Peace hadir, PUBG Mobile menjadi salah satu permainan yang diblokir oleh pemerintah setempat. Hal ini tentu menjadi ironi tersendiri mengingat Tencent selaku publiser PUBG Mobile berasal dari Tiongkok. Alasannya tidak lain adalah karena konten-konten di dalam PUBG Mobile mengandung unsur kekerasan hingga hal-hal yag vulgar.

Dalam hal game dan aplikasi-aplikasi media sosial, Cina memang memang negara yang sangat ketat. Beruntunglah kini Tencent sudah mengembangkan Game for Peace atau PUBG Mobile khusus Tiongkok yang ramah dan sesuai ketentuan yang berlaku di negara tersebut.

India

google
google

India menjadi salah satu negara yang juga melarang penggunaan PUBG. Sebagai negara dengan penduduk paling banyak kedua, popularitas PUBG Mobile tak diragukan lagi. Akan tetapi, seiring dengan semakin melejitnya game ini, dampak buruk pun mulai bermunculan. Anak-anak menjadi tidak serius belajar. Para pekerja pun tidak fokus pada pekerjaannya. Bahkan, peristiwa-peristiwa yang mengenaskan pun terjadi.

Dampak buruk tersebut memaksa pemerintah untuk memblokir PUBG Mobile, terutama bagi pelajar dan juga penegak hukum. Mereka yang ketahuan bermain PUBG Mobile akan ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Nepal

Tak jauh dari India, Nepal juga melarang penggunaan PUBG Mobile. Pada April 2019 lalu, pemerintah setempat sudah resmi memblokir game battle royale yang satu ini. Alasannya pun masih sama, yakni efek candu pada game ini sangat berbahaya, terutama bagi pelajar yang emosinya masih labil.

Yordania dan Irak

Negara di Timur Tengah ini pun turut memblokir game buatan Tencent, yakni PUBG Mobile. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya, alasan utama kedua negara ini memblokir PUBG Mobile adalah karena dampak buruk yang diberikannya. Kecanduan game terbukti membuat generasi muda menjadi tidak peduli dengan sesama karena asyik bermain game.

Demikian adalah rekap beberapa negara yang memblokir akses ke PUBG Mobile. Beruntunglah Anda yang tinggal di Indonesia karena hanya Aceh yang melarang game ini. Peraturan ini pun tidak berlaku di seluruh Indonesia.

Leave a Reply