HiTekno
PUBG Mobile

Rekor PUBG Mobile Dikalahkan oleh COD Mobile

Kalahkan PUBG Mobile, Call of Duty (COD) Mobile berjaya di tengah ramainya game versi mobile di dunia. Setelah satu minggu dirilis, COD Mobile sudah tembus 100 juta unduhan. Apakah ini tanda bahwa COD Mobile akan menggeser PUBG Mobile sebagai salah satu game paling laris manis di dunia? Kita coba cek ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Seperti yang dilansir dari tek.id, game terbaru di bawah naungan Tencent Games ini sepertinya sedang sangat booming. Di komunitas gamers, misalnya, game COD Mobile tidak pernah berhenti dibicarakan. Banyak gamers yang merasa sangat sangat puas dengan game tembak-tembakan yang baru ini. Bahkan, menurut data valid, game yang dikembangkan oleh Timi Studio di bawah naungan Tencent ini sudah mencapai 100 juta unduhan pada satu minggu peluncurannya. Tak hanya melampaui rekor PUBG Mobile, game ini juga mengalahkan rekor game Fortnite.

HiTekno
HiTekno

Dari segi unduhan, menurut data yang diperoleh dari Sensor Tower, pada minggu pertama peluncurannya, dua game populer seperti PUBG Mobile dan Fortnite hanya mengumpulkan masing-masing 38 juta unduhan dan 22,5 juta unduhan dari platform IOS. Meskipun digabung dengan platform android, jumlah tersebut tidak akan melampaui 100 juta seperti yang sudah diraih oleh Call of Duty Mobile.

Pada platform IOS, Call of Duty Mobile sudah diunduh hingga 56,9 juta unduhan. Angka ini jelas sudah mencapai 55,7 persen dari total 100 juta unduhan. Di platform Android, game ini juga sudah diunduh sebanyak 45.3 juta kali atau sekitar 44.3 persen dari total 100 juta unduhan. Angka ini adalah bukti nyata bahwa game ini sudah sangat sukses di awal peluncurannya. Berdasarkan jumlah unduhan, Call of Duty Mobile sudah jauh melampaui PUBG Mobile dan juga Fortnite.

HiTekno
HiTekno

Jika PUBG Mobile lebih populer di negara-negara asia, Call of Duty Mobile jelas berbeda. Menurut data, game ini justru sangat populer di negeri Paman Sam. Di Amerika Serikat, Call of Duty Mobile sudah diunduh hingga 17.3 juta kali. Sementara itu, di India, game ini juga sudah diunduh hingga 13.7 juta kali. Terakhir, di Brazil, Call of Duty Mobile juga sudah diunduh hingga 7.1 juta kali. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Tak hanya tentang unduhan, jika dilihat dari sisi keuntungan pun, COD Mobile sudah meraih nilai keuntungan yang luar biasa. Pada minggu pertama ini, game ini sudah meraih keuntungan mencapai $9.1 juta dollar Amerika di App Store. Lalu, untuk platform android, game ini juga sudah meraih keuntungan sebesar $8.3 juta dollar Amerika. Negara penyumbang keuntungan terbesar adalah Amerika Serikat. Kemudian disusul oleh Jepang dan juga Brazil di posisi kedua dan ketiga.

HiTekno
HiTekno

Sebagai perbandingan, Fortnite hanya mampu meraup keuntungan sebesar $2.3 juta Dollar Amerika dari App Store. Sementara itu, PUBG Mobile masih belum melakukan monetisasi dalam gim. Monetisasi baru mulai dilakukan dua bulan setelah game ini diluncurkan. Keuntungan yang berhasil diraih pun hanya berkisar pada $600 juta dollar Amerika pada minggu pertama monetisasi.

Ini menjadi bukti bahwa COD Mobile sudah bisa mengalahkan PUBG Mobile. Permainan tembak-tembakan yang satu ini memang sedang hype di kalangan penggemar. Akankah game ini mematikan pasar PUBG Mobile dan Fortnite? Mengingat keduanya memiliki sasaran yang sama. Genre game yang dikembangkan pun hampir sama.

Namun, sepertinya kita perlu mengingat kembali bahwa COD Mobile dan PUBG Mobile sama-sama dikembangkan oleh Tencent Games. Pengembang pasti akan melakukan berbagai cara untuk menjaga kedua game tersebut tetap subur.

Leave a Reply