PUBG Mobile

Tencent Terapkan Ban 10 tahun untuk Para Cheater

Cheater PUBG Mobile jumlahnya sangat banyak sekali. Anda yang menjadi pemain aktif game PUBG Mobile ini tentu sudah sering menjumpai cheater. Tak bisa dipungkiri, pertumbuhan cheater pada game besutan Tencent ini semakin banyak saja setiap harinya. Jumlah kecurangan yang terus meningkat ini tentu akan memberikan kerugian pada perusahaan dan juga bagi para pemain itu sendiri. Oleh karena itu, Tencent sebagai penerbit game PUBG M harus punya langkah tegas untuk membasmi para Cheater.

Banyaknya komentar pedas dari para pemain setia PUBG Mobile di Instagram mengungkapkan bahwa pemain merasa terganggu akibat kehadiran para cheater yang semakin merajalela. Para pemain setia tersebut menuntut agar Tencent segera memberantas permasalahan ini. Tak hanya pemain biasa, para kreator konten terkenal seperti Rowdy Gaming, Levinho, Ron Gaming, dan masih banyak lainnya juga mengungkapkan hal yang sama.

Pada dasarnya, Tencent memang sudah sering melakukan banned pada akun-akun yang terbukti melakukan cheater. Sudah ada lebih dari 30 akun cheater yang dibanned oleh Tencent. Akan tetapi, sepertinya para cheater ini tidak jera dan tetap melakukan kesalahan yang sama.

Lalu, pada Senin, 27 Mei 2019 lalu, situs resmi PUBG Mobile mengungkapkan bahwa pihaknya akan secara serius menangani sekaligus memberantas kecurangan yang ada pada game buatannya itu. Mereka juga mengatakan bahwa hukuman ban atau pelarangan bermain akan diberikan dalam jangka waktu yang sangat lama, yaitu 10 tahun. Hukuman ban 10 tahun ini akan berlaku untuk akun-akun yang melakukan kecurangan.

Melalui pengumuman tersebut, Tencent juga sekaligus memberikan daftar nama akun yang lebih dulu terkena ban selama 10 tahun. Ini menjadi bukti nyata bahwa Tencent saat ini memang cukup serius untuk menangani kecurangan pada game PUBG Mobile.

Tak hanya itu, Tencent juga mengingatkan para pemain untuk menggunakan fitur report  yang tersedia dalam game. Dari setiap laporan yang diajukan oleh para pemain, Tencent kembali menekankan bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Jadi, pemain jangan ragu untuk menggunakan fitur tersebut.

Akan tetapi, dari pernyataan resmi tersebut, Tencent belum secara jelas mengisyaratkan bahwa sistem keamanan pada game PUBG Mobile sudah dimutakhirkan atau belum. Jika belum, itu berarti Tencent hanya membuat hukuman semakin berat, tetapi belum cukup adil. Hal ini tentu menimbulkan reaksi pedas dari para pemain. Masalahnya, sistem anti cheat mereka belum maksimal untuk membasmi para cheater.

Meski begitu, mendengar pernyataan resmi tersebut, kita sebagai pemain aktif PUBG Mobile diharapkan untuk lebih fair dalam bermain. Jangan lagi menggunakan cheater-cheater yang bisa jadi merugikan diri sendiri. Anda tentu tidak ingin akun Anda di-banned hingga 10 tahun bukan? Mustahil untuk menunggu selama 10 tahun agar bisa menggunakan akun Anda kembali. Dalam jangka waktu tersebut, bisa dibilang akun Anda tidak dibanned tetapi sudah dihapus oleh Tencent.

Sebagian pemain mungkin berpikir, “Ah tak apa, kalau di-banned kan bisa buat lag.” Akan tetapi, bagi orang-orang yang sudah mengembangkan akun sejak lama, banned ini bisa menjadi kerugian besar. Tentu tak mudah bukan membangun sebuah akun PUBG Mobile.

Untuk itu, mari kita lebih fair dalam memainkan game esports ini. Sama seperti permainan lainnya, PUBG Mobile sebaiknya memang dimainkan secara fair. Jika Anda telaten dalam memainkan game ini, tanpa cheat pun, Anda bisa memenangkan banyak pertandingan.

 

 

Leave a Reply